Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan pemahamantentang peserta didik secara mendalam dan penyelenggaraan pembelajaranyang mendidik. Pemahaman tentang peserta didik meliputi pemahamantentang psikologi perkembangan anak. Sedangkan pembelajaran yangmendidik meliputi kemampuan merancang pembelajaran,mengimplementasikan pembelajaran, menilai proses dan hasilpembelajaran dan melakukan perbaikan secara berkelanjutan. Kompetensi pedagogik ini meliputi hal-hal berikut ini:1. Mengelola kelasGuru harus bisa mengkondisikan kelas agar dapatmeningkatkan kegiatan belajar mengajar, meningkatkan partisipasisiswa dalam belajar, menerapkan pendekatan belajar mengajar inovasidan mengikutsertakan pihak ketiga dalam proses belajar mengajar.2. Proses belajar mengajarGuru menerapkan berbagai metode mengajar, mengembangkankurikulum, meningkatkan peranan siswa dalam belajar mengajar, danmemperbaiki metode evaluasi.3. Pengembangan/penggunaan sumber-sumber belajarGuru harus bisa mempraktekkan penggunaan sumber-sumberbelajar dalam rangka pengembangan/pemanfaatan model atau peraga,sumber-sumber lingkungan dan peralatan tertentu.4. Peningkatan personal dan profesionalGuru harus bisa berkomunikasi untuk meningkatkan hubunganantara siswa, guru dan orang tua, meningkatkan konsep diri siswadalam belajar, meningkatkan sifat dan kepribadian siswa, danmeningkatkan kemampuan guru secara profesional.5. Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan.Guru memiliki latar belakang pendidikan keilmuwan sehinggamemiliki keahlian secara akademik dan intelektual, merujuk para sistem pengelolaan pembelajaran yang berbasis subjek (matapelajaran) guru harus memiliki kesesuaian antara latar belakangkeilmuwan dengan subjek yang dibina, selain itu guru memilikipengetahuan dan pengalaman dalam penyelenggaraan pembelajaran dikelas. Secara otentik kedua hal tersebut dapat dibuktikan dengan ijazahdan ijazah keahlian mengajar (akta mengajar) dari lembagapendidikan yang di akreditasi pemerintah.6. Pemahaman terhadap peserta didikGuru memiliki pemahaman akan psikologi perkembangan anak,sehingga mengetahui dengan benar pendekatan yang tepat yangdilakukan pada anak didiknya. Guru dapat membimbing anakmelewati masa- sulit dalam usia yang dialami anak, selain itu gurumemiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap latar belakang pribadianak, sehingga dapat mengidentifikasi problem-problem yang dihadapianak serta menentukan solusi dan pendekatan yang tepat.7. Pengembangan kurikulum atau silabusGuru memiliki kemampuan mengembangkan kurikulumpendidikan nasional yang disesuaikan dengan kondisi spesifiklingkungan sekolah. 8. Perancangan pembelajaranGuru memiliki merencanakan sistem pembelajaran yangmemanfaatkan sumber daya yang ada. Semua aktivitas pembelajaran dari awal sampai akhir telah dapat direncanakan secara strategis,termasuk antisipasi masalah yang kemungkinan dapat timbul dariskenario yang direncanakan9. Pelaksanaan Pembelajaran yang mendidik dan dialogisGuru menciptakan situasi belajar bagi anak yang kreatif, aktifdan menyenangkan. Memberikan ruang yang luas bagi anak untukdapat mengeksplor potensi dan kemampuannya sehingga dapat dilatihdan dikembangkan.10. Pemanfaatan teknologi pembelajaranDalam menyelenggarakan pembelajaran, guru menggunakanteknologi sebagai media, menyediakan bahan belajar danmengadministrasikan dengan menggunakan teknologi informasi,membiasakan anak berinteraksi dengan menggunakan teknologi.11. Evaluasi hasil belajarGuru memiliki kemampuan untuk mengevaluasi pembelajaranyang dilakukan meliputi perencanaan, respon anak, hasil belajar anak,metode dan pendekatan. Untuk dapat mengevaluasi, guru harus dapatmerencanakan penilaian yang tepat, melakukan pengukuran yangbenar dan membuat kesimpulan dan solusi secara akurat.12. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagaipotensi yang dimilikinya. Guru memiliki kemampuan untuk membimbing anak,menciptakan wadah bagi anak untuk mengenali potensinya danmelatih untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkankemampuan ini adalah dengan melaksanakan penelitian kelas,penelitian tindakan kelas, berbasis pada perencanaan dan solusi atasmasalah yang dihadapi anak dalam belajar, sehingga hasil belajar anakdapat meningkat dan target perencanaan guru dapat tercapai. Padaprinsipnya, ke semua aspek pedagogik di atas senantiasa dapatditingkatkan melalui pengembangan kajian masalah dan alternatifsolusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar